Serba - Serbi Ramadhan | Garda Bhakti Nusantara

Serba - Serbi Ramadhan


  3 April 2023
  Diposting oleh : indri


Serba - Serbi Ramadhan

Ramadhan adalah bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Di bulan Ramadhan, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, serta mengisi waktu dengan beribadah dan melakukan amalan baik lainnya. Selain itu, ada beberapa serba-serbi Ramadhan yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1.       Sambut Ramadhan dengan Berbelanja Bulan Ramadhan selalu identik dengan berbelanja. Banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau bahkan membeli barang-barang yang mereka idamkan. Namun, dalam berbelanja, ada baiknya untuk tetap bijak dan tidak berlebihan.

2.       Buka Puasa dengan Makanan Khas Setelah seharian berpuasa, biasanya orang akan merayakan berbuka puasa bersama keluarga atau teman-teman. Di Indonesia, terdapat banyak makanan khas Ramadhan yang bisa dijadikan menu berbuka. Beberapa di antaranya adalah kolak, ketupat, sate, dan lain sebagainya.

3.       Mengisi Waktu Luang dengan Membaca Al-Quran Salah satu amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Quran. Banyak orang yang mengisi waktu luang mereka dengan membaca Al-Quran baik sendirian maupun bersama keluarga. Selain itu, ada juga yang mengikuti acara tadarus di masjid atau musala.

4.       Memberikan Sedekah Di bulan Ramadhan, banyak orang yang memperbanyak pemberian sedekah. Hal ini karena sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan suci ini. Sedekah bisa diberikan kepada orang yang membutuhkan atau kepada lembaga sosial yang membutuhkan dukungan.

5.       Memperbanyak Amalan Sunnah Selain melakukan amalan wajib seperti shalat dan puasa, di bulan Ramadhan juga banyak orang yang memperbanyak amalan sunnah. Beberapa di antaranya adalah shalat tarawih, mengaji, dan berzikir. Amalan sunnah ini bisa dilakukan untuk meningkatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

6.       Menjaga Kesehatan selama Berpuasa Berpuasa selama sebulan penuh tentu memerlukan persiapan dan penyesuaian bagi tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan selama berpuasa dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan cukup minum air putih pada saat berbuka dan sahur. Selain itu, penting juga untuk tetap bergerak dan berolahraga meski dalam waktu yang terbatas.

7.    Mengikuti Kegiatan Sosial Di bulan Ramadhan, banyak kegiatan sosial yang diadakan seperti buka puasa bersama, pengajian, dan kegiatan amal lainnya. Mengikuti kegiatan sosial ini bisa menjadi sarana untuk saling mempererat tali silaturahmi dan memperbanyak amal kebaikan.

Setiap Bulan adalah bulan yang baik, namun jika ada satu bulan terbaik, maka sudah pasti bulan itu adalah bulan ramadhan. Di bulan ini, semua pintu maaf terbuka. Mari perbaiki ibadah dan perbanyak kebaikan. PT. Garda Bhakti Nusantara mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1444 H, Marhaban Yaa Ramadhan.

KOMENTAR



0 Komentar

© 2017 Garda Bhakti Nusantara All rights reserved | Develop By Garda Bhakti Nusantara